pelajaran

Sistem Pernafasan Manusia

Sistem pernapasan

atau sistem respirasi adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas.

Pernapasan dada

Pernapasan dada terjadi akibat aktivitas otot-otot antar tulang rusuk. Ketika otot-otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk terangkat menyebabkan rongga dada membesar. Membesarnya rongga dada menyebabkan tekanan udara dalam paru-paru menurun, akibatnya udara dari lingkungan masuk ke dalam paru-paru melewati hidung.

Ketika otot-otot antar tulang rusuk berelaksasi, tulang rusuk kembali pada posisi semula menyebabkan mengecilnya rongga dada. Tekanan udara dalam paru-paru meningkat kembali mengakibatkan keluarnya udara dari paru-paru ke lingkungan.

Pernapasan perut

Pernapasan perut terjadi akibat aktivitas otot-otot diafragma. Diafragma adalah sekat antara rongga dada dan rongga perut. Ketika otot diafragma berkontraksi, diafragma akan mendatar. Mendatarnya diafragma menyebabkan membesarnya rongga dada, sebagai akibatnya tekanan udara dalam paru-paru menurun. Udara dari lingkungan masuk dari lingkungan ke dalam paru-paru melewati hidung.

Ketika otot diafragma berelaksasi, diafragma kembali pada posisi semulanya yaitu melengkung ke atas. Kembalinya diafragma pada posisi semulanya menyebabkan rongga dada mengecil. Tekanan udara dalam paru-paru meningkat kembali mengakibatkan udara dalam paru-paru keluar ke lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s